Ikatan Bidan Indonesia Bangka Belitung, bekerjasama dengan Forum Anak Indonesia, Kabupaten Bangka, membagikan ratusan lembar masker kepada masyarakat pengguna jalan di simpang pelabuhan, daerah itu.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Bangka sekaligus Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangka Belitung, Nurita di Sungailiat, Sabtu mengatakan, pembagian ratusan masker bagi masyarakat pengguna jalan Sudirman simpang empat, dilakukan secara spontan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19.

"Selain pembagian ratusan masker, pembagian yang sama berupa sabun dektol dan sejumlah puluhan botol cairan antiseptik," katanya.

Dia berharap, bantuan masker, sabun maupun antiseptik dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat atau penerima untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 yang jumlahnya terus bertambah pada tingkat nasional.

"Saya sarankan agar masyarakat tetap menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dengan mencuci tangan memakai sabun, mandi secara rutin serta meningkatkan kebersihan lingkungan," katanya.

Menurutnya, pihaknya melakukan sosialisasi pencegahan virus COVID-19, baik langsung ke bidan praktek maupun ke masyarakat dengan memberikan edukasi pola pencegahan agar virus tidak masuk dalam tubuh manusia.

"Saya ingatkan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi makanan bergizi seperti sayur - sayuran, buah-buahan agar fisik tetap kuat dan sehat," katanya.

Sementara menurut salah satu anak dari Forum Anak Bangka, Iqbal mengatakan, aksi pembagian masker, sabun dan antiseptik murni untuk mensosialisasikan gerakan hidup bersih dalam rangka cegah COVID-19.

"Kepada teman teman, jangan keluar kalau tidak ada keperluan mendesak, dan tetap cuci tangan serta perbanyak makan sayur dan buah," kesannya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020