Satuan Gugus Tugas Percepatan Pencegahan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendistribusikan 4.200 unit rapid test ke seluruh Dinas Kesehatan kabupaten/kota, guna mengoptimalkan penanganan penyebaran virus corona di daerah itu.

"Ribuan rapid test ini akan disalurkan ke seluruh rumah sakit dan puskemas," kata Ketua Satgas Percepatan Pencegahan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel,Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, 4.200 rapid tes ini diterima dari pihak ketiga, yakni Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia dan akan langsung didistribusikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang untuk disalurkan ke RSUD dan puskesmas se-Provinsi Babel.

Sebanyak 4.200 rapid tes tersebut akan disalurkan ke Dinas Kesehatan Babel sebanyak 600 buah, Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Ir Soekarno Babel 400 buah, Dinkes Kabupaten Bangka 400 buah, Dinkes Kabupaten Belitung Timur 300 buah.

Selanjutnya, Dinkes Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 600 buah, Dinkes Kabupaten Bangka Barat sebanyak 400 buah, Dinkes Kabupaten Belitung sebanyak 600 buah, Dinkes Kabupaten Bangka Barat 400 buah dan Dinkes Kota Pangkalpinang sebanyak 500 buah.

"Ini salah satu upaya antisipasi dini dengan mendeteksi suhu tubuh masyarakat, sehingga pemerintah dapat dengan cepat melakukan langkah pencegahan penyebaran virus corona tersebut," ujarnya.

Menurut dia rapid tes ini akan digunakan pihak terkait untuk memeriksa secara cepat, orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pemantauan (PDP) yang benar-benar harus didahulukan, supaya bisa diketahui kondisi kesehatannya.

"Untuk sisa rapid tes sebanyak 600 buah akan disimpan di gudang, sebagai stok jika nanti diperlukan instansi apabila kekurangan," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020