Aparat Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membagikan masker kepada para juru parkir, sopir angkutan dan pengojek di Mentok guna meminimalkan penularan virus corona.

"Mereka selalu beraktivitas dan bekerja di luar rumah sehingga berisiko cukup tinggi tertular virus, kami berharap pemberian masker ini bisa membantu menekan risiko tertular," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Minggu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Terminal Mentok, Pasar Mentok dan sekitarnya tersebut dilaksanakan sejumlah personel Polres Bangka Barat bersama LSM Kesatuan Pemuda Daerah (Tuanmuda) Bangka Barat.

"Kami berharap pembagian masker bisa melindungi dan mencegah masyarakat yang bekerja di luar rumah terlindungi dari COVID-19," katanya.

Pembagian masker tersebut merupakan suatu bentuk perhatian Polres Bangka Barat kepada masyarakat yang masih harus bekerja di luar rumah.

"Kami tetap mengimbau warga untuk sebisa mungkin berada di rumah masing-masing, bekerja dan belajar dari rumah, serta mematuhi Maklumat Kapolri," ujarnya.

Ia mengingatkan, bagi warga yang tetap bekerja atau beraktivitas di luar rumah agar berlaku disiplin dalam menjaga jarak minimal dua meter dan patuhi imbauan mencuci tangan dengan sabun dalam aktivitas apapun.

Selain memberikan bantuan masker, pihaknya juga terus memberikan sosialisasi pemahaman bahaya virus dan pola penularannya agar bisa dilakukan pencegahan bersama-sama.

"Sosialisasi kami lakukan dengan pola tatap muka dan pemasangan alat peraga di sejumlah lokasi strategis di seluruh wilayah hukum Polres Bangka Barat," katanya.

Menurut dia, pola sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat cukup penting dilakukan sebagai upaya meningkatkan gerakan antisipasi mandiri.

"Kami berharap dengan koordinasi dan kebersamaan yang terbangun selama ini bisa membantu memutus mata rantai penyebaran virus sehingga wabah cepat selesai," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020