Kepolisian sektor Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 melalui fungsi Binmas khususnya Bhabinkamtibmas turun langsung kelapangan.

"Kami memaksimalkan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 ke tengah masyarakat dengan menerjunkan personel Bhabinkamtibmas," kata Kapolres Bangka, AKBP Aris Sulistyono melalui Kapolsek Sungailiat, IPTU Alvino Cahyadi di Sungailiat, Senin.

Dikatakan, teknis pelaksanaan dengan cara memberikan edukasi penekanan kepada masyarakat terutama di tempat kerumunan seperti warung kopi, agar pengunjung untuk segera pulang dan memerintahkan untuk tetap di rumahnya masing-masing.

"Dipilihnya warkop yang menjadi objek sasaran personel Bhabinkamtibmas karena dibiasanya di warkop banyak dikunjungi masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, Bhabinkamtibmas memiliki peranan penting sebagai wujud nyata kepedulian Polri dalam penanganan pencegahan COVID-19. 

"Saya minta agar seluruh pemilik warung kopi untuk sementara tidak memperbolehkan pengunjung, berkurumun atau berkumpul dengan sejumlah orang dilarang pemerintah sebagaimana maklumat kapolri," katanya.

 
Pembubaran kerumunan masyarakat di warung kopi oleh polisi (babel.antaranews.com/kasmono)

Menurutnya, selaian warkop sasaran lain yang yang bubarkan kerumunan oleh Bhabinkamtibmas adalah di fasilitas umum seperti warung internet yang biasanya banyak dikunjungi pelajar untuk bermain game online.

"Kita merasa prihatin disaat pemerintah melarang keluar rumah untuk mencegah penyebaran COVID-19, namun masih ada kerumunan masyarakat yang hanya sekedar duduk atau bermain game," katanya.

Dia mengajak seluruh lapisan masyarakat di wilayah hukumnya, agar dapat berkerjasama dalam pencegahan penyebaran virus COVID-19, dengan cara mematuhi aturan pemerintah dan maklumat kapolri.

"Kita harus bersatu padu dalam pencegahan wabah COVID-19, dengan tetap disiplin mentaati aturan pemerintah dan maklumat kapolri," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020