Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengucapkan terima kasih kepada salah satu ormas yang menamakan dirinya Perkumpulan Persaudaraan Bangka Bersatu (PPBB) yang memberikan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan sejenisnya dalam upaya membantu Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung dalam menangani Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Babel.

Hal itu ditegaskan Gubernur Erzaldi Rosman setelah menerima beberapa perwakilan PPBB di ruang kerja gubernur menyangkut bantuan yang dimaksud dengan harapan bantuan tersebut memberikan manfaat, Jumat (17/4/20).

Menurut Gubernur Erzaldi, bantuan ini sangat tepat sekali mengingat jumlah orang meninggal dunia di Babel hingga saat ini mengalami peningkatan walaupun sebagian yang meninggal tersebut belum ada hasil positif negatifnya.

"Bangka Tengah meninggal satu orang, Kabupaten Bangka juga satu orang, Belitung dua orang, Bangka Selatan satu orang meninggal, kalau kedapatan seperti itu, kita siapkan APD. Setiap menerima pasien harus memakai APD, menguburkan orang meninggal juga harus seperti itu juga," ungkapnya.

Gubernur Erzaldi menegaskan, petugas untuk penguburan pasien COVID-19 harus terdaftar pada satgas COVID-19, sehingga disiapkan APD-nya dan cara penguburannya harus sesuai SOP COVID-19.

Ketua Panitia PPBB, Risa mengatakan, kedatangan mereka untuk bertemu dengan Gubernur Erzaldi Rosman untuk membantu Pemprov. Kepulauan Babel di dalam mengatasi penanganan COVID-19. Dengan memberikan APD dan sejenisnya, diharapkan bantuan tersebut bermanfaat bagi masyarakat di tengah menghadapi pandemi COVID-19 di Babel.

"Kami terpanggil aksi peduli COVID-19. Kami ne organisasi dari masyarakat, kumpulan dari orang Bangka peduli atas Corona ini. Jadi kami menyumbang sedikit lah untuk provinsi ini, berupa alat kesehatan untuk tenaga medis kita, karena mereka tu garda terdepan di dalam menghadapi Corona ini," ungkapnya.

Menurut Ketua Panitia Risa, alat yang diberikan seperti baju pelindung diri sebanyak 500 pcs thermo gun 10 buah, masker 130 boks, kacamata, masker bedah, sarung tangan biasa, sarung tangan steril, disinfektan, alkohol 100 liter, thermo gun, serta alat lainnya.

Sementara Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Babel, sekaligus Ketua Satgas COVID-19, Mikron Antariksa mengatakan, sesuai arahan gubernur, bahwa PPBB ini sangat antuas ikut ambil bagian dalam penanganan COVID-19 di Babel, karena apa yang diberikan ini sangat dibutuhkan, apalagi peralatan yang standar di dalam penanganan COVID-19.

"Bantuan ini kami akan koordinasi dengan dinkes, ke rumah sakit, puskesmas. Harapan mereka bantuan itu harus sampai pada kawan-kawan di lapangan dan intinya kami sangat merespon bantuan ini, semoga sukses selalu untuk PPBB," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020