Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan tahap pertama berupa alat pelindung diri ke lima rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 sebagai bentuk kepedulian dan dukungan terhadap para tenaga medis.

"Bantuan APD, masker N95 dan masker bedah ke rumah sakit di Pulau Bangka ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan dukungan kami terhadap para petugas di garda terakhir dalam mengatasi penyebaran COVID-19 di Negeri Serumpun Sebalai," kata Sekretaris Kagama Babel Achmad Albani di Pangkalpinang, Senin.

Penyaluran bantuan diserahkan langsung ketua Kagama Babel Warsangka bersama Tim Kagama Babel Peduli ke beberapa rumah sakit rujuka penanganan COVID-19, antara lain RS Bakti Timah Pangkalpinang, RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang dan RSUD Ir. Soekarno, Air Anyir pada Senin (20/4).

Selanjutnya, bantuan untuk RSUD Depati Bahrin, Sungailiat dan RSUD Sejiran Setason, Mentok, rwncananya akan diserahkan Selasa (21/4).

"Total bantuan APD sebanyak 200 unit coverall medis, 77 buah masker N95 dan 250 buah masker bedah. Bantuan tersebut berasal dari sumbangan sukarela dari 400 orang anggota yang ingin berkontribusi dalam penanganan COVID-19," katanya.

Pihaknya berharap masyarkat bisa bekerja sama dan bergotong royong dalam memutus mata tanyai penyebaran virus yaitu dengan mematuhi protokol kesehatan dan keputusan pemerintah, serta kesepakatan yang dimusyawarahkan oleh ulama dan umaro. 

"Kami dari seluruh anggota Kagama Babel mengajak masyarakat membiasakan diri memakai masker kain jika terpaksa keluar rumah," ujarnya.

Bantuan tahap pertama merupakan hasil penggalangan dana Kagama Babel dan masyarakat yang dimulai 26 Maret dan pada 4 April 2020 berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp24.200.000 yang seluruhnya digunakan untuk membeli peralatan bantuan medis dan telah disalurkan ke rumah sakit rujukan COVID-19.

Sampai saat ini penggalangan dana masih berlangsung dengan cara transfer ke Bank Syariah Mandiri nomor rekening (451) 7117417888 a.n. Kagama Babel.

"Insya Allah, untuk penggalangan dana tahap kedua, Kagama Babel akan bekerja sama dengan ACT Babel," katanya.

Pada kesempatan itu, Direktur RSUD Depati Hamzah dr. M Fauzan mengungkapkan rasa terima kasih kepada Kagama Babel atas donasi yang disalurkan.

"Bantuan itu akan sangat berguna dalam melindungi teman-teman kita sebagai garda terakhir," kata Fauzan.

Hal senada disampaikan Direktur RSUD Dr. (HC). Ir. Soekarno dr. H. Armayani Rusli yang memberikan apresiasi positif atas bantuan itu dan akan digunakan dalam penanganan kasus COVID-19.

"Semoga wabah ini segera selesai dan kehidupan kembali normal," kata Armayani Rusli.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020