Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menyiapkan tiga unit ventilator di RSUD untuk mendukung penanganan pasian COVID-19.

"Kita akan segera siap tiga ventilator untuk ditempatkan di ruang isolasi, saat ini kita baru memiliki empat ventilator," kata Direktur RSUD Belitung Timur dr. Cahyo di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan, alat bantu pernapasan atau ventilator tersebut sangat penting untuk menangani pasien COVID-19 yang mengalami gangguan pernapasan atau gagal napas.

"Ventilator ini sangat dibutuhkan di RSUD, jika tidak disediakan alat tersebut maka akan dilakukan rujukan ke rumah sakit yang ditunjuk," ujarnya.

Ia mengatakan, ventilator itu sangat penting digunakan untuk pasien yang benar-benar sudah mengalami gangguan pernapasan cukup parah.

"Ini untuk pasien yang gagal napas karena ada gangguan pada paru-paru, biasanya pasien usia lanjut dan ada penyakit bawaan," ujarnya.

Pihak RSUD Belitung Timur juga akan membangun ruang tekanan negatif bagi pasien agar virus tidak menyebar di sekitar lingkungan rumah sakit.

"Ruang tekanan negatif yang dilengkapi ventilator ini untuk mengantisipasi kasus virus corona agar tidak menyebar di lingkungan rumah sakit," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020