Tim Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat adanya penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak satu orang berinisial Iq (41) dengan nomor "rapid test" 236.

Juru bicara Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Jumat mengatakan, dengan penambahan satu kasus COVID-19 tersebut, total kasus positif COVID-19 sampai dengan 1 Mei 2020 sebanyak dua orang.

"Iq merupakan salah satu jamaah tabligh yang mempunyai riwayat perjalanan bersama dengan pasien kasus COVID-19, inisial Mi yang sudah terlebih dahulu dirawat di rumah sakit provinsi," katanya.

Dikatakannya riwayat perjalan Iq bersama bersama dengan Mi adalah dari kegiatan kelompoknya di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Pada 21 Maret 2020 melalui bandara Cengkareng menggunakan jasa penerbangan pesawat Citilink keduanya sampai ke Pangkalpinang.

"Sampai dikediamannya, Iq langsung didatangi petugas kesehatan Kecamatan Merawang, dan diminta Iq melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," katanya.
   

Iq diketahui positif COVID-19 setelah dilakukan tes "swab" tahap kedua pada 21 April 2020 dan hasilnya keluar pada 1 Mei 2020 hasilnya positif, di mana sebelumnya sudah dilakukan tes swab tahap pertama namun hasilnya negatif.

Menanggapi adanya penambahan jumlah kasus COVID-19 di Kabupaten Bangka, Kabag Ops Polres Bangka, Kompol Faisal mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pencegahan mulai dari sosialisasi dan pembagian masker, pembagian hand sanitizer sampai dengan pembubaran kerumuman masyarakat.

"Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan, penyebaran wabah COVID-19 dapat ditekan, dan angka kasus wabah ini tidak bertambah lagi," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020