Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berupaya meningkatkan kemampuan keterampilan dan wawasan para pelaku desain grafis melalui lomba poster dan "work shop" yang diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi kreatif.

"Kami harapkan lomba sekaligus "work shop" desain grafis yang digelar bisa bermanfaat bagi tumbuh kembang ekonomi kreatif dan bisa ikut berperan dalam mengangkat pariwisata daerah," ujar Staf Ahli Bupati Bangka Barat Bidang Hukum dan Politik, Ismail di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan sejenis yang diharapkan mampu memfasilitasi tumbuh kembang ekonomi kreatif akan terus dilakukan pemkab mengingat sektor tersebut memiliki peluang besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Kami harapkan lomba poster dan work shop desain grafis seperti yang dilaksanakan Dishubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat terus dikembangkan  untuk menggugah masyarakat menggeluti sektor kreatif tersebut," kata dia.

Selain itu, kata dia, melalui kegiatan seperti itu diharapkan para kreator muda di daerah itu bisa menjadi agen pelestari lingkung hidup dan budaya lokal.

Menurutnya, pola pelestarian budaya dan kelestarian lingkungan seperti itu diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran generasi muda untuk semakin mencintai dan melestarikan lingkungan disekitarnya.

"Modal ini cukup penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor pariwisata, mengingat pariwisata tidak bisa berdiri sendiri tanpa dukungan kreatif masyarakat setempat," kata dia.

Menurutnya, ekonomi kreatif sangat erat hubungannya dengan pariwisata, sementara saat ini pemkab setempat sedang berjuang menggairahkan pariwisata dan meningkatkan jumlah kunjungan wisata.

Menurutnya, desain grafis atau ekspresi seni visual untuk memberikan informasi dibutuhkan untuk menunjang promosi wisata dan sektor pembangunan lain agar lebih mudah dipahami masyarakat.

Melalui kegiatan itu, diharapkannya akan muncul kreator-kreator muda bidang desain grafis yang mampu bersaing di pasar global.

"Pemerintah saat ini memandang ekonomi kreatif sebagai potensi besar untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, kami harapkan generasi muda di daerah juga mampu bersaing di dalam industri tersebut," kata dia.

Hal ini diungkapkan Ismail di sela-sela kegiatan seminar dan lomba desain poster yang digelar Dinas Hubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat di Ruang Operasional II Pemkab setempat.

Seminar sehari yang diikuti seratusan perserta tersebut membedah detail desain grafis beserta peluang bisnisnya yang disampaikan narasumber Jakarta, yaitu Aktivis desain komunikasi visual Caroline F Sunarko dan pengajar sekaligus praktisi desain grafis nasional Surianto Rustan.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014