Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, berharap para pelaku dan pegiat ekonomi kreatif di daerah itu membentuk komunitas agar lebih mudah difasilitasi dalam pengembangan usahanya.

"Presiden Joko Widodo sejak awal sudah berjanji untuk mengembangkan industri kreatif tentu ke depan akan ada kebijakan-kebijakan baru dalam realisasinya, untuk itu kami harapkan para pelaku seni, desain, kerajinan dan sejenisnya untuk membentuk komunitas agar pemerintah lebih mudah mendorong usaha tersebut," ujar Kepala Dinas Hubpparbudinfo Kabupaten Bangka Barat Rozali di Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan, Joko Widodo yang dilantik menjadi Presiden RI beberapa hari lalu selama ini memang terbukti mampu mengembangkan ekonomi kreatif selama menjadi kepala daerah di Surakarta dan DKI Jakarta dan dalam kampanyenya berjanji untuk terus mengembangkan sektor kreatif tersebut.

"Kami berharap janji politik itu direalisasikan hingga ke daerah sehingga kreator dan pegiat seni di daerah bisa ikut merasakan manfaat dari kebijakan yang akan diambil," kata dia.

Dengan adanya komunitas para pelaku dan pegiat ekonomi kreatif, menurut Rozali, pemerintah akan lebih mudah memfasilitasi sektor itu sesuai dengan kebutuhannya sehingga usaha bisa cepat berkembang.

Menurutnya, ekonomi kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi salah satu andalan dalam meningkatkan kesejahteraan seiring terus menggeliatnya pariwisata di daerah.

"Untuk itu kami berharap para pegiat dan pelaku seni, desain dan kerajinan lebih kreatif dalam berkarya sehingga mampu bersaing di pasar nasional dan internasional," kata dia.

Sebagai langkah awal untuk memulai bisnis kreatif tersebut, kata dia, pemkab siap memfasilitasi dalam pemasaran yaitu dengan menitipkan karya-karyanya di kios yang ada di Pesanggrahan Menumbing, kios UKM dan galeri yang ada di daerah itu.

Kami juga memiliki website pemkab yang bisa dimanfaatkan untuk promosi dan pemasaran secara online jika para pelaku belum memiliki blog sendiri, kata dia.

Selain itu, kata dia, majalah yang diterbitkan pemkab juga bisa dimanfaatkan untuk memajang karya-karya para pelaku usaha kreatif yang ada.

"Berbagai fasilitas itu akan terus kami kembangkan sebagai bukti kesungguhan pemerintah daerah untuk ikut mendorong kemajuan industri kreatif yang ada di daerah," kata dia.

Kepala Bidang Informatika Dishubparbudinfo Kabupaten bangka Barat Henry Een Firsanto mengatakan tahun depan pihaknya juga akan menggandeng PT ASDP dan manajemen kapal cepat yang melayani penyeberangan Muntok-Sumatera Selatan untuk ikut berprean memajukan pariwisata dan industri kecil yang ada di Bangka Barat.

"Teknisnya nanti kami akan mempromosikan kekayaan wisata, industri kreatif dan industri kecil yang ada di Bangka Barat yang ditampilkan di kapal cepat dan ferri sehingga penumpang yang menyeberang lebih mengenal Bangka Barat dan tertarik untuk berkunjung," kata dia.

Menurutnya, berbagai upaya yang dilekukan pemkab tersebut merupakan salah satu keseriusan dalam membantu meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sesuai bidang usaha yang digelutinya.

"Kami berharap ekonomi kreatif, pariwisata, industri kecil dan sektor usaha masyarakat terus berkembang dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014