Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai menyalurkan dana bantuan sosial tunai (BST) untuk 6.041 kepala keluarga (KK) sebagai uang peningkatan kesejahteraan bagi warga yang terdampak pandemi COVID-19.

"BST sudah mulai kami salurkan baru-baru ini di Desa Guntung, selanjutnya akan diteruskan oleh seluruh desa yang ada di daerah ini," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, BST merupakan program dari Kemensos RI dan sumber dananya berasal dari APBN untuk membantu menjaga keseimbangan kesejahteraan sosial dan ekonomi masyarakat.

"BST itu direalisasikan selama terjadi pandemi COVID-19, masing-masing kepala keluarga mendapatkan Rp600.000 setiap bulan," ujarnya.

Ia menjelaskan, BST ini juga akan disalurkan secara tunai melalui BUMN yang telah ditunjuk pemerintah yakni PT. Pos Indonesia dan bank pemerintah.

"Calon penerima BST sudah melalui tahap verifikasi dan validasi yang telah dilaksanakan dan data calon penerima sudah difinalisasi pihak Kementerian Sosial RI," ujarnya.

Ibnu Saleh, mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, agar terhindar dari penyebaran virus corona.

“Tetap menjaga kesehatan, konsumsi makanan yang sehat yang mengandung vitamin C, seperti belimbing dan jeruk agar imun tubuh kuat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020