Tim gabungan di Posko Operasi Ketupat Menumbing 2020 memperketat pengawasan terhadap seluruh kendaraan yang masuk ke Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung guna mencegah penyebaran virus corona jenis baru (COVID-19).

"Pemeriksaan suhu badan terhadap pengemudi dan penumpang dilaksanakan secara teliti dan cermat, selain itu petugas juga mengecek setiap kendaraan yang melewati posko Operasi Ketupat Menumbing 2020," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan di Mentok, Minggu.

Menurut dia, pengetatan pengawasan di setiap posko dilakukan bersama seluruh tim gabungan yang terdiri dari personel Polres Bangka Barat, TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan para relawan yang terlibat.

Di Posko Airbelo, yaitu posko di pintu gerbang masuk Kota Mentok, koordinator posko Iptu Gamaludin bersama sejumlah anggota tim gabungan menghentikan setiap armada yang akan memasuki Kota Mentok untuk diperiksa secara teliti.

"Para pengendara dan penumpang diwajibkan menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan menggunakan masker," katanya.

Menurut dia, tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran COVID-19 Kabupaten Bangka Barat sekaligus mencegah perjalanan mudik ke luar daerah.

"Larangan mudik terus disosialisasikan dan jika ada penumpang atau warga yang membutuhkan informasi akan dilayani di seluruh posko Operasi Ketupat," katanya.

Pada kesempatan seperti itu, para petugas juga mengimbau kepada para pengendara yang melintas untuk sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah jika tidak ada hal yang penting dan mendesak.

Para petugas posko melaksanakan pemeriksaan secara cermat, meliputi pemeriksaan identitas diri setiap pengemudi, penumpang dan kelengkapan alat pelindung diri, serta menegur atau mengingatkan tidak menggunakan masker.

"Kesehatan dan keselamatan bersama jauh lebih penting dan perlu diutamakan, untuk itu kami imbau warga untuk menaati aturan kesehatan yang berlaku agar bisa bersama-sama memutus mata rantai penyebaran virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020