Tim kesehatan gugus tugas pencegahan dan penanggulangan COVID-19, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan tes swab bagi 21 orang yang kontak langsung dengan tiga orang positif COVID-19.

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat, Selasa mengatakan, tes swab bagi 21 orang tersebut sebagai upaya pemutusan penyebaran virus COVID-19 dari orang yang kontak dengan pasien positif.

"Ke 21 orang tersebut merupakan orang yang kontak langsung dengan pasien positif yakni masing-masing inisial pasien MI warga Pemali, MIK dan BSN keduanya dari Kecamatan Merawang," jelasnya.

Dikatakan, tes swab bagi orang terdekat pasien positif COVID-19 saat distatusnya sebagai orang tanpa genjala (OTG) sebagaimana ketiga pasien tersebut yang sebelumnya juga merupakan OTG.

"Selain dilakukan tes swab, ke 21 orang tersebut akan dipasang gelang pantau guna mempermudah pengawasan yang bersangkutan karena gelang tersebut terintegrasi dalam hand phone adroid," katanya,

   
Dikatakan, tim gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka mendapat bantuan sebanyak 400 gelang pantau dari pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, gelang tersebut akan dipasang ke OTG.

"Kita berharap, hasil swab bagi 21 orang terdekat atau yang kontak langsung dengan pasien COVID-19 hasilnya negatif," jelasnya.

Dia imbau seluruh warga masyarakat, agar tetap tenang tidak boleh panik menyikapi penyebaran COVID-19, namun tetap harus meningkatkan disiplin hidup bersih dan sehat serta mentaati aturan protokal pencegahan COVID-19.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020