Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, Suparlan mengatakan anggaran pembangunan jalan lingkar timur dan barat di kota itu akan mencapai lebih dari Rp100 miliar.

"Anggarannya berasal dari APBN dibantu APBD Kota Pangkalpinang. Pembangunan jalan akan dianggarkan melalui Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I, Kementerian Pekerjaan Umum. APBD menganggarkan dana untuk pembebasan lahannya," ujarnya di Pangkalpinang, Kamis.  
    
Ia mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan Satuan Kerja Pelaksana Jalan Nasional Wilayah I, agar rencana pembangunan jalan tersebut semakin matang.

"Kami mengupayakan pada tahun 2016, rencana pembangunan jalan lingkar barat dan timur dapat terwujud," katanya.

Ia menjelaskan jalan lingkar timur akan dibangun dengan panjang kurang lebih 19 kilometer dengan lebar badan jalan 11 meter.

"Jalan lingkar barat sepanjang 9,3 kilometer dengan lebar jalan 11 meter juga," katanya.

Menurut dia, jalan lingkar timur dan barat dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di dalam Kota Pangkalpinang. Dengan adanya jalan lingkar tersebut, lalu lintas antara Kota Pangkalpinang dengan kabupaten sekitarnya akan terkoneksi dengan baik.

"Sekarang dalam tahap pendataan lahan yang dikoordinasikan Badan Lingkungan Hidup Kota Pangkalpinang dengan para lurah. Kami mohon doa dari masyarakat agar rencana yang cukup besar ini dapat terwujud," katanya.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014