Pejabat penghubung Gugus Tugas Badan Nasional Penanggulangan Bencana COVID-19 Pusat Mayor Jenderal TNI (Purn) Toto Siswanto melakukan pemantauan aktivitas warga di Pelabuhan Tanjungkalian Mentok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Pada pemantauan ini kami menilai secara umum penanganan aktivitas pelabuhan di daerah ini sudah berjalan dengan baik dan cukup efektif, baik dari sisi pengelolaan maupun sinergisitas antarunsur yang terlibat," kata Toto di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan secara keseluruhan pelaksanaan penanganan sudah cukup efektif dan bisa bekerja sama dan mendapat dukungan cukup baik dari masyarakat, khususnya para relawan.

"Keterlibatan masyarakat cukup baik dan mereka mampu mengambil peran sesuai porsi dalam mendukung tugas pemerintah bersama TNI dan Polri," katanya.

Menurut dia, peran partisipatif masyarakat, akademisi, dan pelaku usaha dibutuhkan dalam upaya bersama melakukan percepatan penanganan COVID-19.

Toto Siswanto berkunjung ke Mentok, Kabupaten Bangka Barat bersama tim untuk melakukan peninjauan Pelabuhan Tanjungkalian guna mengumpulkan data sebagai dasar strategi pengendalian penduduk keluar masuk Bangka Belitung melalui jalur pelabuhan dan penerapan pembatasan sosial penumpang angkutan laut.

Toto dan rombongan didampingi Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Bangka Barat, Sidarta Gautama, Dandim 0431/83, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa, Kapolsek Muntok AKP Tauflk Zulflkar, personel Kodim 0431/BB dan Polres Bangka Barat dan para Kepala OPD Pemkab Bangka Barat.

Rombongan juga melakukan pemantauan di Pasar Mentok untuk melihat langsung perkembangan kebiasaan para pengunjung dalam menerapkan aturan kesehatan di fasilitas umum.

"Kebiasaan menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun harus terus digiatkan agar masyarakat semakin sadar dan membantu mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran virus," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020