Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan segera membuka kembali kawasan wisata Pantai Pasir Padi setelah beberapa bulan tutup akibat pandemik COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Eti Fahrianty, Rabu, mengatakan pembukaan kawasan Pantai Pasir Padi akan memberlakukan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dimana segala kegiatan harus dilakukan dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

"Untuk saat ini sesuai dengan instruksi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang, Dinas Pariwisata bersama dengan pihak terkait sedang membuatkan SOP-nya terlebih dulu sehubungan akan direncakan penerapan New Normal," katanya.

Ia mengatakan, SOP tersebut dirancang antara gabungan Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan maupun Dinas Kesehatan.

Baca juga: 65 hotel dan restoran di Babel kembali beroperasi

"Semua itu dilibatkan. Masing-masing  instansi terkait mengajukan ataupun memberikan masukan SOP-nya seperti apa," ujarnya.

Menurutnya, jika SOP-nya sudah selesai dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dengan dinas terkait, maka akan langsung diserahkan kepada Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang untuk ditindaklanjuti.

"Ini SOP-nya ditunggu paling lambat hari Jumat ini," ujarnya.

Ia menambahkan sebelum SOP itu diserahkan ke Sekda, Bidang Pariwisata terlebih dahulu akan menyosialisasikan apa saja SOP yang akan diberlakukan.

"Kita berharap nantinya jika wisata Pantai Pasir Padi sudah mulai dibuka ataupun sudah diperbolehkan untuk beraktivas, maka kita ingin kawasan itu wajib menggunakan masker," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020