Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, mengusulkan pengadaan sekitar 100 ribu bibit karet pada 2015 untuk memenuhi kebutuhan petani setempat.

"Kami mengusulkan pengadaan bibit karet sebanyak 100 ribu batang lebih untuk ditanam di atas lahan lebih kurang 300 hektare oleh petani melalui kelompok tani di sejumlah desa," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka Rojali di Sungailiat, Selasa.

Dikatakannya, usulan pengadaan bibit karet sebanyak itu masing-masing bersumber dari APBD pemerintah daerah setempat dan pemerintah pusat melalui dana APBN.

"Saya berharap usulan yang direncanakan tersebut dapat disetujui oleh pemerintah melalui dana yang tersedia sehingga secara bertahap kebutuhan bibit karet oleh petani dapat tercukupi," katanya.

Dengan pemenuhan bibit karet bagi petani yang menyalurannya melalui kelompok tani kata dia, diharapkan kedepannya pemenuhan produksi karet dapat membantu meningkatkan konstribusi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat petani.    
    
"Secara bertahap, sektor perkebunan terus dilakukan pengembangan melalui perbagai program yang telah direncanakan, pembangunan sektor perkebunan merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah yang menginginkan sektor perkebunan yang tangguh," katanya.

Selain menyediakan pembibitan karet kata dia, kegiatan tahun 2015 juga merencanakan pembangunan jalan usaha produksi sepanjang 12 kilometer untuk mempermudah akses petani sehingga produksi hasil perkebunan meningkat.

"Kami belum menentukan lokasi untuk dibangunan jalan usaha produksi tersebut yang direncanakan sepanjang 12 kilometer, namun pastinya jalan dibangun tersebut nantinya mendukung pembangunan sektor perkebunan," ujarnya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014