Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merencanakan untuk melakukan tes cepat atau rapid test kepada seluruh petugas pengawas pemilu di daerah itu guna antisipasi kemungkinan terjadinya penularan dan penyebaran virus corona jenis baru COVID-19.

"Protokol kesehatan sesuai instruksi pemerintah harus dikedepankan, kami tidak ingin para petugas pengawas di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa tidak dalam kondisi sehat saat menjalankan tugasnya," kata anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat Ekariva Annas Asmara di Mentok, Rabu.

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat: PKD dilantik dengan cara konvensional

Menurut dia, pelaksanaan tes cepat kepada seluruh pengawas dan staf tersebut dilakukan untuk mendukung upaya bersama dalam memutus mata rantai penyebaran virus.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bangka Barat untuk rencana pelaksanaan pemeriksaan itu," katanya.

Selain tes cepat, kata dia, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Pemkab Bangka Barat untuk penyediaan alat pelindung diri bagi para petugas pengawas yang akan segera melakukan tugasnya dalam melaksanakan pengawasan tahapan pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada 2020.

Baca juga: Bawaslu Bangka Barat aktifkan kembali Panwascam dan PKD

"Kami tidak memiliki anggaran untuk pembelian alat pelindung diri (APD) untuk para petugas, untuk itu kami sudah ajukan rencana dan sudah diusulkan untuk difasilitasi pemkab," katanya.

Menurut dia, berbagai APD yang dibutuhkan untuk para petugas di lapangan, seperti sarung tangan, masker kain, hand sanitizer dan topeng sudah diajukan ke pemkab.

"Sudah ada kesepakatan untuk APD seluruhnya akan difasilitasi pemkab, bahkan kebutuhan APD untuk para pengawas TPS juga sudah disiapkan," katanya.

Menurut dia, pengadaan APD tersebut sangat penting untuk melindungi diri para petugas di lapangan guna meminimalkan kemungkinan terjadinya penularan virus.

"Kerja pengawasan harus tetap dilakukan untuk mengawal proses demokrasi meskipun wabah masih berlangsung, kami berharap upaya dini ini bisa melindungi para petugas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020