Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tim pengawas kesehatan hewan ternak guna memastikan kondisi kesehatan hewan dan layak konsumsi masyarakat.

"Tim pengawas kesehatan hewan ternak melibatkan tenaga tenaga medis hewan serta petugas terkait lainnya," kata Kasi Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Krisnaningsih di Sungailiat, Jumat.

Dikatakan, tim pengawas kesehatan hewan ternak mulai turun ke lapangan pada Senin (13/7) difokuskan di sejumlah tempat pedagang hewan terutama pada sapi dan kambing untuk keperluan kurban.

"Tim melakukan pengawasan menyeluruh di pedagang pengumpul hewan baik hewan peternak lokal maupun yang dipasok dari luar pulau Bangka," jelasnya.

Menurutnya, tim akan memeriksa kesehatan hewan mulai dari kulit, telinga, mulut dan lainnya.

"Hewan yang sudah diperiksa kesehatan dan dinyatakan sehat akan diberi tanda untuk memberikan jaminan kesehatan serta mempermudah masyarakat membelinya," jelasnya.

Dia mengimbau pendagang hewan baik sapi ataupun kambing, untuk memperhatikan kebersihan kadang dan pemberian pakan yang seimbang, karena penyakit pada hewan dapat terjadi faktor lingkungan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020