Pangkalpinang (Antara Babel) - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi mengatakan, daerah telah mencatatkan sejumlah keberhasilan di usianya yang ke-14 tahun, di antaranya peningkatan produk domestik regional bruto (PDRB) hingga 600,20 persen.

"Provinsi Babel berhasil meraih sejumlah pencapaian seperti di bidang ekonomi yang PDRB-nya meningkat 600,20 persen dibanding 14 tahun lalu. Pada tahun 2000 PDRB Babel baru Rp6,2 triliun dan kini sudah mencapai Rp38,9 triliun," katanya pada sidang paripurna istimewa DPRD Provinsi Bangka Belitung memperingati HUT ke-14 provinsi itu di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, PDRD per kapita atas dasar harga konstan juga berhasil mengalami kenaikan. Pada 2000, PDRD per kapita mencapai Rp7,1 juta dan pada 2013 meningkat menjadi Rp9,6 juta.

"Begitu pula di bidang sosial dan budaya, dimana angka kemiskinan, pengganguran dan angka indeks pembangunan manusia juga mengalami perbaikan yang cukup signifikan," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, pada tahun 2002 angka kemiskinan di provinsi ke-31 di Indonesia itu tercatat 11,6 persen dan pada 2014 berhasil ditekan menjadi tinggal 5,3 persen. Demikian juga dengan angka penggangguran yang pada 2003 sebesar 9,3 persen dan pada 2014 turun menjadi 3,7 persen.

"Sementara indeks pembangunan manusia pada 2002 hanya 65,4 persen dan pada 2013 meningkat menjadi 74,29 persen. Angka indeks ini lebih tinggi dari angka rata-rata nasional yang hanya 73,81 persen. Ini menandakan semakin baiknya kesehatan, pendidikan dan daya beli masyarakat Bangka Belitung," ujar gubernur.

Selain keberhasilan di bidang tersebut, menurut Rustam, di usianya yang ke-14 tahun Provinsi Bangka Belitung juga berhasil mencapai sejumlah prestasi baik oleh pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota.

"Sebagai contoh pada 2014 Bangka Belitung meraih piagam tanda kehormatan satya lencana pembangunan bidang koperasi, anugerah pangripta nusantara pratama di bidang perencanaan, penghargaan dari serikat perusahaan pers sebagai daerah tujuan wisata favorit di Indonesia Tourism Award and Summit, sertifikat warisan budaya dan penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM atas prakarsa dan inisiatif pendirian PT Jamkrida Babel," katanya.

Gubernur juga menyebutkan saat ini Provinsi Babel memasuki tahap kedua pelaksanaan rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) tahun 2005-2025 dan tahun kedua pelaksanaan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2012-2017.

"Pada tahap pembangunan lima tahun pertama kita berfokus pada penyiapan sarana dan prasarana serta penanganan lingkungan hidup dan tahap kedua ini kita fokus pada pembangunan ekonomi dan lingkungan hidup," katanya.

Pewarta: Oleh: Leo Oktaviano

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014