Juru bicara tim gugus tugas COVID-19, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan, jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerahnya bertambang satu orang.

"Dengan bertambahnya satu orang terkonfirmasi positif COVID-19, inisial Ol (29), jumlah total pasien positif COVID-19 di Kabupaten Bangka menjadi 58 kasus dari sebelumnya 57 kasus," katanya di Sungailiat, Senin.

Dikatakan, Ol berjenis kelamin laki-laki yang tinggal di kota Sungailiat, Kabupaten Bangka terpapar positif virus corona diduga dari klaster salah satu bank di kota Pangkalpinang, Bangka Belitung.

"Atas kasus tersebut, pihak BPBD segera melakukan penyemprotan diradius 100 meter rumah pasien termasuk melakukan trancking kepada warga yang kontak primer maupun sekunder," jelasnya.

Boy Yandra, mengatakan Ol saat ini menjalani  di karantina sekaligus perawatan pengobatan oleh tim medis di Pangkalpinang.

"Sebelum diketahui dan dinyarakan konfirmasi positif COVID-19 atas nama Ol tersebut, Kabupaten Bangka selama beberapa minggu berhasil kembali ke zona hijau," katanya.

Dia mengingatkan seluruh lapisan masyarakat di daerahnya, agar tetap mentaati protokol kesehatan COVID-19, agar wilayah Kabupaten Bangka segera kembali ke zona hijau COVID-19.

"Saya mengajak masyarakat untuk memberi semangat kepada Ol agar segera sembuh," ujarnya.

Tercatat sampai dengan sekarang, jumlah orang dalam pengawasan di Kabupaten Bangka sebanyak 273 orang atau 269 orang OPD dinyatakan selesai pemantuan.

"Pasien dalam pengawasan sebanyak 45 orang dan proses uji laboratorium sembanyak 25 orang, sementara pasien negatif dari hasil swab sebanyak 593 orang," katanya.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020