Pangkalpinang (Antara Babel) - Satuan Lalu Lintas Polres Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar Operasi Zebra Menumbing guna menciptakan kondisi ketertiban lalu lintas di kota itu.

"Operazi Zebra Menumbing ini merupakan razia terhadap pengguna jalan. Razia itu akan kami laksanakan pada 26 November sampai 9 Desember 2014," kata Kapolres Pangkalpinang AKBP Nur Romdhoni melalui Kasat Lantas Adnan Wahyu kashogi, Minggu.

Ia mengatakan, razia yang akan dilakukan merupakan peringatan bagi pengguna jalan yang masih membandel dan sering melakukan pelanggaran lalu lintas.

"Berbagai cara telah kami lakukan untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, mulai cara preemtif berupa imbauan baik secara langsung maupun tidak langsung, preventif dengan cara menempatkan anggota di setiap persimpangan jalan, hingga represif dengan memberikan tilang bagi para pelanggar," jelasnya.

Ia menjelaskan, selain menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas, kegiatan Operas Zebra Menumbing itu juga merupakan kegiatan menjelang akan dilangsungkannya Operasi Lilin di penghujung tahun.

Ia menambahkan, kegiatan razia tersebut juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan pencurian kendaraan bermotor yang sering terjadi belakangan ini.

"Kami minta kepada para pengguna jalan agar menaati aturan berlalu lintas. Tidak hanya pengendara sepeda motor, penumpang mobil pun harus taat seperti penggunaan sabuk keselamatan dalam berkendara," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya tidak pernah bosan untuk terus mengingatkan kepada para pengendara agar menggunakan alat keselamatan dalam berkendara seperti menggunakan helm bagi pengendara roda dua, atau penggunaan sabuk pengaman untuk mobil serta kelengkapan administrasi.

Pewarta: Oleh: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014