Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengatakan kebutuhan hewan kurban hari raya Idul Adha 1441 Hijriah di daerah itu mencapai 2.050 ekor.

"Kami menjaga terjadinya lonjakan jika diprediksi ada peningkatan sedikit atau jika sama di tahun kemarin semuanya sudah siap," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, DKPP Kabupaten Belitung, Suparman di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, dalam menyambut hari raya Idul Adha 1441 Hijriah pihaknya menyiapkan hewan kurban sebanyak 1.500 ekor kambing dan sebanyak 550 ekor sapi.

Baca juga: DKPP Belitung tandai hewan kurban sehat menggunakan kalung

Dikatakan dia, jumlah ketersediaan hewan kurban di daerah itu hingga 6 Juli telah mencapai 1.020 ekor terdiri dari kambing sebanyak 744 ekor dan sapi sebanyak 276 ekor.

"Artinya masih ada kekurangan dalam persediaan ini tetapi kekurangan ini akan dipenuhi dalam waktu kurang lebih dua minggu sebelum Idul Adha karena kapal pengangkut sapi dari Lampung dan Madura sudah menuju ke sini," ujarnya.

DKPP Belitung, lanjut dia, juga melakukan pengontrolan terhadap kesehatan hewan kurban di sejumlah kandang dan penjual sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat nanti ketika Idul Adha 1441 Hijriah.

"Kami bersama dokter hewan mengontrol dari segi kesehatan, dari segi kelayakannya dan sampai saat ini tidak ada kendala apa-apa terkait kesehatan," katanya.

Untuk itu, ia meminta masyarakat melaporkan jika ada ditemukan hewan kurban dalam keadaan sakit atau tidak sehat.

"Karena tim mulai hari ini berkeliling ke masing-masing kandang jumlahnya di Tanjung Pandan ada 33 kandang," ujarnya.

 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020