Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan melanjutkan proses penerimaan calon aparatur sipil negara (CASN) daerah Tahun 2019.

"Rekrutmen CASN 2019 sudah berjalan beberapa tahap, sekarang sudah masuk tahap seleksi kompetensi bidang (SKB) dan itu tetap dilanjutkan meski dalam pandemi COVID-19," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Belitung Timur, Yuspian di Manggar, Minggu.

Hal itu dikemukakan Yuspian menyikapi kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo yang menyatakan tidak akan membuka rekrutmen CASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam dua tahun ke depan, namun khusus untuk rekrutmen CPNS 2019 tetap dilanjutkan.

“Tetap lanjut seleksinya untuk rekrutmen 2019 karena kita sudah terlalu lama menundanya,” ujarnya.

Yuspian mengakui rencana awal pada 2020 lalu, pemerintah akan melaksanakan tiga rekrutmen, yakni lanjutan tekrutmen CPNS 2019, rekrumen CPNS 2020 dan rekrutmen PPPK 2020.

"Namun akibat pandemi COVID-19, pemerintah pusat menghapus dua rekrutmen yang belum terlaksana (2020 dan 2021) tersebut," ujarnya.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang sempat tertunda, kata Yuspian, memperkirakan baru akan dilaksanakan pada September hingga Oktober 2020, sambil menunggu kesiapan di daerah lainnya.

“Paling cepat Agustus 2020, cuma kita tidak bisa jadi patokan. Memang Kabupaten Belitung Timur, statusnya hijau, tetapi kalau daerah lain masih merah, tentu bisa jadi kendala karena ini rekrutmen sacara nasional jadi harus serentak,” jelasnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020