Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Kehutanan dan Perkebunan  Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, menanam 184.000 batang pohon dalam rangka rangka peringatan Hari Menanaman Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional.    
    
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bangka Kemas Arfani di Sungailiat, Rabu, mengatakan sebanyak 184.000 batang pohon  berbagai jenis tersebut direncanakan ditanam di sejumlah tempat di delapan kecamatan.

"Penanaman dilakukan oleh gabungan kelompok tani (gapoktan) untuk hutan rakyat dilaksanakan di Desa Saing dan reboisasi di Belinyu," ujarnya.

Dikatakannya, kegiatan yang dilakukan setiap tahunnya itu bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bangka.      
    
"Biasanya kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tanggal 28 November, namun mengingat pada tanggal itu juga dilaksanakan Gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kabupaten Bangka juga, di Desa Bebura, maka untuk tingkat kabupaten dilaksanakan hari ini,"  katanya.

Sementara Bupati Bangka, Tarmizi Saat mengatakan, berdasarkan undang-undang pemerintah daerah tugas bupati dan jajaran untuk bidang kehutanan di bidang perencanaan dan pengawasan.

"Kalau bidang konservasi tugas dari pemerintah provinsi. Jadi ada pembagian tugas yang jelas antara tugas pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten," katanya.

Menurutnya, penanaman pohon penting dilakukan mengingat sejumlah tempat atau lingkungan di wilayah ini sudah mulai ada yang rusak akibat kegiatan penambangan biji timah.

"Saya minta seluruh lapisan masyarakat merawat pohon yang ditanam hari ini dengan baik," katanya.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014