Koba (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, memberikan pengharagaan kepada sejumlah penyuluh pertanian berprestasi di daerah itu.

"Penghargaan itu langsung diserahkan Bupati Bangka Tengah Erzaldi Rosman," kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Bangka Tengah Sajidin di Koba, Sabtu.

Ia menjelaskan penghargaan tersebut diberikan sebagai motivasi bagi penyuluh untuk bekerja lebih giat dan profesional memberikan pembinaan kepada petani di daerah ini.

"Penyuluh berprestasi tersebut dinilai mampu melakukan pembinaan terhadap kelompok tani di tempa tugasnya dan petani tersebut sudah berkembang," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian penghargaan terhadap penyuluh pertanian ini dilakukan setiap tahun dengan dasar penilaian adalah kinerja.

"Kemudian penyuluh yang selalu turun ke lapangan mendampingi, mengawasi dan melakukan pembinaan terhadap petani," ujarnya.

Ia berharap penyuluh yang mendapatkan penghargaan tidak berpuas diri tetapi justeru sebaliknya menjadi motivasi untuk terus mengembangkan potensi diri.

"Selain memberikan penghargaan terhadap penyuluh, juga diberikan penghargaan terhadap petani dan kelompok tani berprestasi," ujarnya.

Ia mengatakan, tugas berat para penyuluh pertanian adalah mengubah cara berpikir masyarakat dari pemikiran instan dengan pola pikir mengarah kepada jangka panjang.

"Terutama mengajak masyarakat untuk bercocok tanam, menanam komoditas kebutuhan harian di antaranya padi, cabe, bawang dan sayur mayur," ujarnya.

Pewarta: Oleh: Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014