Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepupulauan Bangka Belitung, mendorong penguatan manajeman usaha perikanan budi daya.

"Kalau pola pembudidayaannya sudah baik, hanya manajemen usaha perikanan yang masih lemah, " kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, para pembudidaya ikan air tawar sudah memiliki kemampuan teknis pembudidayaan ikan dengan baik dan benar namun masih lemah dari sisi pengelolaan manajemen pemasaran.

"Ini terus kita dorong dengan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada para kelompok pembudidaya ikan air tawar, " ujarnya.

Ia mengatakan, lemahnya manajemen usaha perikanan berdampak terhadap rendahnya pendapatan para usaha perikanan budi daya.

"Kendati mampu meningkatkan produksi, tetapi belum mampu mengelola manajemen usaha sehingga memperoleh untung yang belum sesuai dengan harapan, " ujarnya.

Ia juga mengatakan, biaya operasional yang dikeluarkan juga belum berbanding lurus dengan produksi sehingga berpengaruh terhadap untung yang diperoleh.

"Maka sistem manajemen perikanan budi daya ini harus diubah dan pemerintah daerah akan terus mendorong memberikan pengetahuan khusus kepada pembudidaya perikanan air tawar tentang manajemen usaha," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020