Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan kesadaran para nelayan agar selalu mengutamakan keselamatan saat menjalankan aktivitas di laut untuk mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan.

"Cuaca saat ini belum menentu dan cepat berubah, kami minta seluruh nelayan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan tidak memaksakan diri melaut pada saat cuaca tidak mendukung," kata Kepala Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat AKP Candra Wijaya di Mentok, Rabu.

Untuk meningkatkan kewaspadaan tersebut, para personel Satpoalir Polres Bangka Barat secara rutin menggelar sosialisasi atau pertemuan dialogis dengan para nelayan, kelompok nelayan dan warga pesisir di daerah itu.

"Sosialisasi terus kami lakukan, seperti yang dilaksanakan para personel Satpolair hari ini di Pelabuhan Ikan di Tanjung Mentok bersama sejumlah nelayan yang sedang berlabuh di lokasi itu," katanya.

Dalam kegiatan itu, para anggota Satpolair mengimbau kelompok nelayan yang biasa menggunakan perahu atau jukung agar melengkapi sarana dan alat-alat keselamatan seperti jaket pelampung (life jacket), alat komunikasi dan lainnya pada saat melaut.

Diingatkan juga apabila di tengah laut menemukan kegiatan yang mencurigakan atau menemukan kecelakaan laut agar secepatnya menghubungi petugas Polair.

"Pada intinya kami ingin saling memberi informasi dan menampung keluhan masyarakat masalah kamtibmas yang terjadi di wilayah pesisir maupun lautan," katanya.

Selain itu, diharapkan juga peran serta masyarakat dalam menciptakan kamtibmas di wilayah pesisir terus meningkat.

"Selain menggelar sosialisasi, silaturahim dan tatap muka dengan warga pesisir dan nelayan, kami juga meningkatkan patroli perairan untuk mencegah kemungkinan masuknya aksi terorisme, radikalisme, narkoba, penangkapan ikan dengan alat tangkap berbahaya dan tindak pidana pelayaran lainnya," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020