Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan (PPKBPPPA) menggelar panggung anak dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2020.

Kepala Dinas PPKBPPPA Kabupaten Bangka, Nurita di Sungailiat, Jumat mengatakan, peringatan Hari Anak Nasional 2020 sengaja dikemas sedemikian rupa dengan menggelar panggung anak sesuai tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju".

"Peserta yang tergabung dalam forum anak perwakilan dari masing-masing kecamatan dapat menyampaikan kreasinya di panggung yang disediakan seperti bernyanyi," katanya.

Meskipun peringatan Hari Anak Nasional 2020 diselenggarakan di tengah pandemi COVID-19 dan jumlah pesertanya dibatasi, namun kata Nurita, antusiasme anak cukup besar untuk mengikutinya.

Dia menjelaskan, forum anak yang dibentuk dari tingkat desa, kecamatan sampai tingkat kabupaten, mempunyai peran menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak.

"Anak-anak Indonesia inspiratif serta mempunyai kecerdasan yang luas biasa sesuai dengan keterampilannya," katanya.

Pihaknya akan mengakomodasi inovasi yang muncul dari anak-anak yang tergabung dalam forum anak guna mengembangkan bakat dan keterampilannya.

"Terdata sebanyak 40 anak atau peserta peringatan Hari Anak Nasional 2020 mewakili dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka," demikian Nurita.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020