Pemerintah Kabupaten Belitung Timur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) dalam menyikapi pandemi COVID-19.

"Kita akan menerapkan AKB dan nanti dituangkan dalam paraturan bupati yang akan menjadi pedoman dalam menyikapi kondisi pandemi ini," kata Bupati Belitung Yuslih di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan rancangan peraturan bupati tersebut dimaksudkan sebagai pedoman bagi semua pemangku kepentingan dalam penerapan tatanan baru sesuai protokol kesehatan menuju masyarakat yang aman, sehat dan produktif.

"Pedoman AKB nantinya akan segera disosialisasikan agar dalam pelaksanaan nanti tetap menerapkan protokol kesehatan," ujarnya.

Ia menjelaskan dalam memberlakukan masa tersebut dilaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat melalui penerapan PHBS pencegahan COVID-19, peningkatan penanganan kesehatan, penyesuaian kegiatan/aktifitas masyarakat dan pengendalian moda transportasi.

"Saya mengharapkan pada pemberlakuan adaptasi kebiasaan baru dapat dijalankan dengan benar dan semua sektor diharapkan dapat lebih memperhatikan penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfo Belitung Timur Gustaf Pilandra mengatakan melalui perangkat daerah terkait sudah menyusun rancangan regulasi mengenai AKB dan pada saat ini sedang tahapan pembahasan.

“Tahapan pembahasan itu sangat penting yang bertujuan untuk memastikan agar pedoman itu dapat melindungi masyarakat dari virus corona,” ujar Gustaf.

Pihaknya juga terus melakukan sosialisasi ke berbagai pihak hingga ke masyarakat Beltim terkait AKB yang akan segera diterapkan.

“Kominfo terus melakukan sosialisasi ke berbagai pihak hingga masyarakat terkait hal tersebut,” ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020