Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyosialisasikan pengawasan tahapan pencalonan Pilkada 2020 kepada pengurus partai politik yang meraih kursi di DPRD.

"Selama beberapa hari ke depan kami akan berkunjung ke kantor partai politik, setidaknya ada sembilan partai politik yang meraih kursi di daerah ini," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi pengawasan tahapan pencalonan sebagai langkah antisipasi terjadinya dugaan pelanggaran pada saat proses tahapan pencalonan dimulai.

"Dalam beberapa hari ke depan kami terus sampaikan dan ingatkan kepada pimpinan dan pengurus partai politik terkait potensi pelanggaran, larangan dan anjuran," ujarnya.

Robianto mengajak partai politik untuk bersama-sama mengawali tahapan pelaksanaan Pilkada 2020 dengan jujur dan adil.

"Peran partai politik sangat sentral pada tahapan pencalonan, apalagi Pilkada 2020 di Bangka Tengah tidak ada calon perseorangan," ujarnya.

Ia mengajak para penyelenggara dan peserta pemilu membangun semangat bersama untuk memerangi politik uang.

"Semangat itu tidak hanya dari penyelenggara, tetapi juga dari partai politik, apalagi itu sudah diatur dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020