Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong para kelompok tani (poktan) untuk mengembangkan tanaman hortikultura, sebagai nilai tambah dalam meningkatkan perekonomian.

"Para kelompok tani terus kami dorong menanam tanaman hortikultura, karena lebih cepat menghasilkan untuk menopang perekonomian," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh saat meninjau lahan pertanian hortikultura jenis sawi milik Poktan Subur Lestari di Desa Cambai, Kecamatan Pangkalanbaru, Senin.

ia menjelaskan membudidayakan tanaman hortikultura secara kelompok memiliki prosfek ekonomi yang cukup baik karena pasarnya sudah jelas dan permintaan cukup tinggi.

"Namun demikian, para petani harus benar-benar tekun dan selalu mengikuti perkembangan teknologi pertanian terbaru," ujarnya.

Ia mengatakan Bangka Tengah memiliki lahan kosong yang masih luas untuk bisa dikembangkan dan digarap menjadi kawasan pertanian.

"Masyarakat silakan bercocok tanam, kembangkan pertanian secara berkelompok untuk memudahkan pemerintah dalam menyalurkan berbagai bantuan," ujarnya.

Ia juga meminta kepada kelompok pertanian bisa lebih kreatif dalam mengembangkan lahan pertanian dengan membentuk kawasan agrowisata.

"Di beberapa daerah sudah banyak mengembangkan kawasan agrowisata, mereka tidak hanya mengandalkan produk pertanian tetapi juga membantu pemerintah dalam mengembangkan sektor kepariwisataan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020