Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diminta oleh Kementerian Pertahanan untuk menyiapkan lahan seluas 30.000 hektare guna mendukung program pembangunan 'food estate' atau lumbung pangan di daerah itu.

"Kementerian Pertahanan meminta Belitung menyiapkan lahan seluas 30.000 hektare untuk program ketahanan pangan Indonesia," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, selain diminta menyiapkan lahan seluas 30.000 hektare Pemerintah Pusat juga nantinya akan mengalokasikan anggaran guna mendukung rencana pembangunan lumbung pangan tersebut.

"Nantinya lahan tersebut akan ditanami tanaman pangan seperti singkong dan jagung guna mendukung ketahanan pangan nasional," ujarnya.

Kemenhan, kata Bupati, juga berencana untuk membangun pabrik pengolahan singkong sebab sejauh ini nilai kalori singkong diyakini lebih baik jika dibandingkan dengan beras.

"Maka nantinya jika ada lahan 30.000 hektare kemudian nantinya akan dibangun pabrik juga maka Belitung siap menjadi lumbung pangan nasional," katanya.

Dikatakan dia, selain menanam singkong potensi lain daei lahan tersebut nantinya juga akan dilihat apakah cocok untuk ditanami jagung dan padi.

"Memang yang paling dasar adalah lahan tersebut disiapkan untuk mendukung ketahanan pangan seperti singkong dan juga beras," ujarnya.

 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020