Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan 500 batang bibit cabai jawa bagi "Kampung Tegep Mandiri" guna mendukung penguatan pangan lokak bagi masyarakat desa setempat.

Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan di Sungailiat, Rabu mengatakan, selain 500 batang bibit cabai jawa, juga dibagikan 100 batang bibit jeruk Siem hasil okulasi varietas unggul serta ratusan karung pupuk organik.

"Saya berharap, tanaman buah tersebut kedepannya mampu membantu pemenuhanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa," jelasnya.

Pengembangan penguatan ketahanan pangan masyarakat desa kata kapolres, bagian dari program kegiatan "Kampung Tegep Mandiri" selain optimalisasi pencegahan penyebaran wabah COVID-19 serta menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

Bantuan sosial berupa tanaman pangan jenis jeruk dan cabe jawa itu kata kapolres, adalah apresiasi pihaknya untuk lurah dan kepala desa yang dinilai berhasil membangun kerja sama  dalam melaksanakan program "Kampung Tegep Mandiri".

"Saya minta program "Kampung Tegep Mandiri" dapat dilaksanakan dengan pemberdayaan masyarakat desa secara berkelanjutan," kata kapolres.

Tercatat ada 10 "Kampung Tegep Mandiri" yang sudah berhasil didirikan dari 62 desa di delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, dan diharapkan secara bertahap desa lainnya dapat melakukan hal serupa.

Kapolres minta seluruh kepala desa atau lurah di "Kampung Tegep Mandiri" dapat memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap disiplin penerapatan protokol kesehatan, mendorong memanfaatkan pengkarangan rumah untuk tananam pangan serta bersatu dalam menjaga keamanan dan ketertiban.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020