Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung menerima bantuan dari pemerintah pusat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp496.75.000 yang disalurkan bagi masyarakat mikin di delapan kecamatan daerah itu.

Wakil Bupati Bangka, Rustamsyah di Sungailiat, Selasa, mengatakan dana bantuan sebesar Rp496.75.000 tersebut merupakan program pemerintah pusat guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat kurang mampu.

"Program bantuan pemerintah pusat ini dilakukan secara nasional guna membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga saya imbau masyarakat dapat mendukung program nasional ini," kata wabup.

Dia juga minta kepada masyarakat yang mendapat bantuan agar dapat memanfaatkan sebaik mungkin guna kepentingan keluarga.

"Gunakan bantuan pemerintah itu untuk kebutuhan keluarga, jangan digunakan untuk kepentingan yang kurang bermanfaat bagi keluarga," ujarnya.

Dalam hal program kebijakan bantuan,  menurut dia, keberhasilannya diukur bukan dari besaran jumlah yang disalurkan atau jumlah penerimanya, namun semakin kecil penerima bantuan di suatu daerah membuktikan keberhasilan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Semakin kecil atau sedikitnya jumlah penerima bantuan, membuktikan bahwa daerah itu dianggap sudah berhasil meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinsosnaker Kabupaten Bangka, Arifin Hibbah mengatakan, program kegiatan PKH pemerintah pusat itu sudah dilaksanakan sejak tahun 2007.

"Program PKH tahun 2014 merupakan program lanjutan dari kegiatan yang sama pada tahun 2007 lalu," ujarnya.

Dia mengatakan, skema bantuan pertahun yakni ditetap sebesar Rp 240.000 per penerima dan direncanakan pada tahun depan dibayarkan total pada tahun ajaran baru pendidikan.

"Penerima bantuan PKH yakni, ibu hamil atau menyusui dan anak dibawah lima tahun sebesar Rp1 juta, anak SD atau MI sebesar Rp500 ribu, anak SMP atau Mts sebesar Rp1 juta," katanya.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014