Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan, sampai dengan Kamis warga terkonfirmasi positif COVID-19, sebanyak 74 orang dengan 69 orang sudah dinyatakan sembuh dan lima masih dalam perawatan.

"Jumlah 74 orang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan 69 orang sudah dinyatakan sembuh tersebut berdasarkan data dari pusat informasi COVID-19 Kabupaten Bangka," katanya di Sungailiat, Kamis.

Kelima pasien yang belum sembuh itu masih menjalani perawatan kesehatan kata Boy Yandra, yakni inisial Mm memiliki riwayat dari Tangerang Jakarta kemudian ke Bangka, Ah mempunyai riwayat perjalanan dari Tanjung Pinang ke Bangka, selanjutnya pasien inisial I riwayat perjalanan dari Palembang ke Bangka dan Ma memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta ke Bangka.

"Sedangkan satu orang pasien inisial Lg terkonfirmasi positif karena kontak langsung dengan dengan Mm yang merupakan satu kantor," jelasnya.

Kelima pasien tersebut kata dia, merupakan aparatur sipil negara dimana Mm adalah ASN di provinsi Bangka Belitung sedangkan Mm, Ak, I dan Lg merupakan ASN di lembaga penyiaran Sungailiat. Mm berasal dari Kecamatan Mendo Barat sedangkan empat pasien lainnya berasal dari Kecamatan Sungailiat

"Pasien terkonfirmasi positif sebagai besar memiliki riwayat perjalanan dari kota yang ditetapkan sebagai zona merah kasus COVID-19," ujarnya.

Menurutnya, pasien inisial Ah menjalani perawatan di Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat sedangkan empat pasien lainnya menjalani karantina di balai diklat Provinsi Bangka Belitung di Kota Pangkalpinang.

"Sampai dengan saat ini dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka, hanya dua kecamatan yang tidak ada warga terkonfirmasi positif COVID-19 yakni di Kecamatan Bakam dan Kecamatan Riau Silip," katanya.

Dikatakan, Dinas Kesehatan, BPBD, TNI, Polri dan tenaga relawan secara masif melakukan sosialisasi pencegahan penyebaran wabah COVID-19 langsung ke tengah masyarakat terutama di area publik seperti pasar dan tempat umum lainnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020