Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan menegur peserta pilkada jika berkampanye tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Pilkada 2020 suasananya berbeda dibanding sebelumnya, setiap aktivitas kampanye harus mematuhi protokol kesehatan karena negeri sedang dilanda pandemi virus corona," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa kampanye dengan mematuhi protokol kesehatan merupakan bagian dari pengawasan sehingga pesta demokrasi tidak memicu penyebaran virus corona.

"Dalam mengawasi kampanye dengan mematuhi protokol kesehatan, tentu saja kami berkoordinasi dengan pihak KPU," ujarnya.

Pada saat pendaftaran bakal calon pilkada di KPU beberapa waktu lalu, menurut dia, terpantau sudah memenuhi protokol kesehatan.

"Tentu saja kami ingin para penyelenggara dan peserta Pilkada 2020 tetap mematuhi protokol kesehatan dalam menjalankan tahapan kampanye," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa rapat koordinasi lintas sektoral terkait dengan pembahasan Pilkada 2020 beberapa waktu lalu sudah menyatakan komitmen bahwa semua pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi wajib mematuhi protokol kesehatan.

"Baik penyelenggara maupun peserta Pilkada 2020 wajib mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020