Juru bicara gugus tugas COVID -19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra mengatakan, terdapat tujuh orang warga di daerah itu terpapar COVID-19 karena sebagian kontak langsung dari pasien positif sebelumnya.

"Tercatat sebanyak tujuh orang warga di Kabupaten Bangka yang berasal dari sejumlah kecamatan dipastikan positif COVID -19 berdasarkan hasil "polymerase chain reaction" (PCR)," katanya di Sungailiat, Kamis.

Dikatakan, ketujuh warga yang terpapar tersebut masing-masing inisial Mda (10), Fb (30), Dm (11), Yn (55), Sm (31), Naw (lima bulan) dan Rm (20).

"Mereka yang terpapar COVID-19, menjalani perawatan kesehatan baik di balai diklat provinsi maupun di rumah sakit Depati Bahrin Sungailiat," kata Boy Yandra.

Dikatakan, selama dua hari terakhir sejak, Rabu (30/9) sampai dengan Kamis (1/10), terdata 15 orang warga Kabupaten Bangka yang terpapar COVID-19.

Total angka kasus COVID-19 berdasarkan data informasi COVID-19 di Kabupaten Bangka mencapai 100 orang dengan 81 orang dinyatakan sembuh.

"Saya ingatkan seluruh masyarakat tanpa terkecuali agar benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai langkah utama mencegah sekaligus memutus mata rantai penyebaran virus corona yang hingga sekarang belum ditemukan obatnya," jelasnya.

Boy Yandra mengkhawatirkan, jika masyarakat tetap tidak mematuhi protokol COVID-19, akan terjadi angka kasus yang sama setiap harinya.

"Masyarakat harus memperhatikan pemakaian masker yang baik dan benar, menjaga jarak atau menghindari kerumunan serta mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020