Wakil Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Isyak Meirobie mengajak masyarakat di daerah itu untuk menjaga kebersihan lingkungan guna mengantisipasi terjadinya banjir ketika memasuki musim penghujan.

"Mari jaga kebersihan dengan mengecek saluran drainase di lingkungan masing-masing," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, menjaga kebersihan saluran air penting dilakukan ketika memasuki musim penghujan guna menghindari tumpukan sampah sehingga menimbulkan genangan air dan banjir.

"Saluran drainasenya dicek jangan sampai ada sampah yang menumpuk di sana sehingga tidak terjad banjir," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Belitung pantau ketinggian air melalui kamera pengawas

Dirinya menambahkan, masyarakat juga diminta mewaspadai munculnya genangan air melalui benda-benda di sekitar rumah yang tidak terpakai dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk demam berdarah.

"Jaga kebersihan lingkungan agar tidak ada genangan air jangan sampai kasus demam berdarah meningkat sedangkan pandemi COVID-19 belum selesai," katanya.

Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesadaran dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan ketika memasuki musim penghujan.

"Untuk titik-titik yang rawan banjir tetap dilakukan pemantauan kami sudah pasang kamera pengawas kalau air mulai meninggi di ambang batas maka alarm langsung berbunyi dan BPBD langsung ditelepon," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020