Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun Tugu Adipura di Kecamatan Manggar untuk mengenang bahwa daerah itu berhasil meraih penghargaan tersebut setelah 16 tahun kabupaten tersebut berdiri.

"Tugu Adipura ini nanti sebagai bukti sejarah dan ikon Kota Manggar, sekaligus pelecut semangat masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan lingkungan," kata Bupati Belitung Timur Yuslih Ihza di Manggar, Selasa.

Ia menjelaskan Tugu Adipura juga monumen untuk menghargai dedikasi sekaligus menambah semangat para petugas kebersihan serta warga Manggar yang selalu menjaga Kota Manggar tetap bersih.

"Tugu Adipura ini dibangun di Taman Segitiga Manggar yang merupakan lokasi strategis karena berada di pusat kota," ujarnya.

Ia mengharapkan Tugu Adipura ini tidak hanya sebagai simbol, tetapi lebih dari itu mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan tetap bersih sehingga mampu mempertahankan Piala Adipura setiap tahun.

"Tugu Adipura itu juga sebagai simbol bahwa pemerintah daerah dan masyarakat memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri," ujarnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Belitung Timur Idwan Fikri menjelaskan Tugu Adipura setinggi 4,5 meter itu dibangun selama tiga bulan dengan menggunakan anggaran sebesar Rp200 juta.

“Kalau tugunya 2,5 meter fondasinya dua meter. Yang lama itu nunggu materialnya, karena dipesan dari luar Belitung,” ujar dia.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020