Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar donor darah dalam rangka memperingati Hari Uang Republik Indonesia, guna membantu meningkatkan stok darah PMI di tengah pendemi COVID-19.

"Kita berharap dengan kegiatan sosial ini dapat membantu PMI dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat di tengah pendemi ini," kata Kepala Kanwil DJPB Provinsi Kepulauan Babel, Fahma Sari Fatma saat membuka kegiatan donor darah di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan donor darah dalam memperingati Hari Uang Nasional tahun ini merupakan tindaklanjut instruksi Kementerian Keuangan Republik Indonesia, agar seluruh agar daerah menggelar donor darah ini.

"Saat ini jumlah peserta donor darah dari seluruh unit kementerian keuangan di Babel sebanyak 26 orang dan diperkirakan akan terus bertambah hingga sore nanti," ujarnya.

Menurut dia selama pendemi COVID-19 ini, masyarakat cukup kwatir dan cemas untuk mendonorkan darahnya sehingga mempengaruhi persediaan darah di PMI yang mengalami penurunan yang cukup drastis.

"Saat ini masyarakat mendonorkan darahnya kurang, pada hal kebutuhan dan permintaan darah cukupp tinggi untuk menangani berbagai penyakit di rumah sakit," katanya.

Ia menambahkan peringatan Hari Uang merupakan kedaulatan Indonesia yang setiap tahun diperingati dan tahun ini Hari Uang Republik Indonesia mengangkat tema "peduli, responsif, adaptif atasi pendemi bangkitkan ekonomi.

"Pada peringatan Hari Uang tahun ini, kita menggelar beberapa kegiatan diantaranya kick of Hari Uang, donor darah dan berbagai pertandingan yang sesuai pendemi COVID-19 yang tidak menimbulkan kerumuman, kontak fisik dan lainnya," katanya.

 Kepala Bagian Pelayanan PMI Kota Pangkalpinang, dr Sjenileila Boer mengucapkan terima kasih kepada DJPB yang telah menggelar donor darah di kalangan unit kementerian keuangan di daerah ini.
 
 "Dengan adanya kegiatan donor darah massal ini tentunya sangat membantu PMI untuk meningkatkan persediaan darah yang menipis selama pendemi COVID-19 ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020