Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengembangkan penanaman lada putih sistem tanaman sela (tasela), guna meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani di tengah pendemi COVID-19.

"Kami meminta para petani lada ini bergabung dalam koperasi, untuk mengoptimalkan penanaman tasela ini," kata Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan saat ini Koperasi Petani Lada Bangka Belitung, telah berhasil mengembangkan penanaman tanaman sela lada (tasela) karena, produksinya memberikan hasil sangat memuaskan.

"Kita sudah menyaksikan secara langsung hasil dari program penanaman tasela. Para petani yang biasanya mendapatkan pendapatan dari lada melalui program tasela ini para petani mendapatkan pendapatan lain," katanya.

"Dengan penanaman tasela ini, hasil yang diperoleh petani menjadi berlipat-lipat. Mereka selain dapat memanen lada juga tanaman yang ditanam di samping tanaman lada tersebut, seperti kacang tanah, cabai, sorgum dan tanaman lainnya," katanya.

Atas inovasi ini Gubernur Erzaldi memberikan apresiasi kepada Koperasi Petani Lada Bangka Belitung atas prestasinya, juga kepada tenaga ahli, Dr. Tubagus Hikmat Syah yang telah membagikan ilmunya untuk masyarakat Bangka Belitung ini.

Ketua Koperasi Petani Lada Bangka Belitung, Haji Sukri mengatakan tasela ini sangat membantu pendapatan alternatif bagi para petani lada saat ini telah memiliki pasar.

"Saat ini permintaan kacang tanah sebanyak 92 ton dan ke depan dari perusahaan yang bersangkutan meminta kuota 100 ton per bulan. Oleh sebab itu, pihaknya berharap para petani lada untuk ikut bergabung di koperasi ini," katanya.

Sementara itu, tenaga ahli, Dr. Tubagus Hikmat Syah melaporkan dirinya bersama para petani milenial yaitu para pemuda Bangka Belitung yang telah diberikan pelatihan untuk mengelola tasela ini.

"Dalam program tasela ini tanaman seperti kacang hijau, kedelai, kacang tanah, sorgum, dan padi semuanya berhasil bahkan melampaui jauh dari target yang direncanakan,"katanya. 

 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020