Ketua Gugus Tugas Percepatan Pengendalian COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulkan membagikan ratusan lembar masker gratis kepada nelayan di Desa Rebo guna mencegah penyebaran virus corona.

"Pembagian masker gratis sebagai upaya pencegahan penyebaran wabah COVID-19 di lingkungan nelayan," kata Mulkan yang merupakan Bupati Bangka di Sungailiat, Selasa, saat sosialisasi pencegahan penyebaran COVID-19.

Dia minta seluruh nelayan memakai masker baik pada saat melakukan penangkapan di laut atau aktivitas di darat, karena selain virus tidak dapat dilihat dengan kasat mata namun juga penyakit dari virus ini belum ditemukan obatnya.

"Saya minta seluruh masyarakat tanpa terkecuali agar benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara rutin memakai sabun dengan air mengalir," katanya.

Menurutnya, peran masyarakat menerapkan protokol kesehatan penting dilakukan karena virus corona dapat menular kesemua anggota masyarakat baik kecil maupun usia tua.

Terdata jumlah warga di Kabupaten Bangka yang terkonfirmasi positif COVID - 19 sampai dengan Selasa (27/10) sebanyak 144 warga positif COVID-19 dengan 125 orang sudah dinyatakan sembuh.

"Kita semua berharap, angka kasus pasien COVID-19 segera dapat ditekan seminimal mungkin dengan harapan wilayah Kabupaten Bangka kembali ke zona hijau," ujarnya.

Pandemi COVID-19 yang sudah berjalan kurang lebih tujuh bulan kata dia, menghambat semua aktivitas masyarakat bahkan berdampak besar pada penurunan pendapatan masyarakat.



 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020