Tokoh pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memiliki banyak potensi "sport tourism" atau wisata olahraga untuk dikembangkan guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Belitung sangat bisa untuk dijadikan destinasi wisata olahraga atau "sport tourism" tadi saya sudah coba berenang dari hotel Sheraton ke Pulau Pegadoran sekitar 2 Km, lari di BMED sekitar 5 KM dan bersepeda hampir 4 KM," katanya di Sijuk, Belitung Sabtu.

Menurut dia, Belitung merupakan salah satu destinasi yang memiliki potensi wisata olahraga seperti penyelenggaran triathlon, marathon, renang, sepeda jarak jauh dan panjat tebing karena cukup banyak terdapat bebatuan.

"Jadi sangat memungkinkan untuk dijadikan wisata olahraga kondisi jalan di Belitung bagus dan masyarakatnya ramah tegur sapa jadi ini modal yang sangat luar biasa," ujarnya.

Untuk itu, kata Sandi, upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah daerah adalah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan wisata olahraga termasuk meningkatkan pemasaran pariwisata.

"Saya juga sudah membawa beberapa pegiat "sport tourism" ke Belitung mudah-mudahan bisa menggagas beberapa kegiatan di tahun 2021 selain kegiatan triathlon yang pernah saya ikuti," katan Sandi.

Pewarta: Aprilliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020