Jakarta (Antara Babel) - Politisi PAN Hanafi Rais menilai partainya membutuhkan regenerasi pada sosok calon ketua umum partai dan memiliki gagasan pembaruan.

"PAN butuh sosok pemimpin partai yang bisa menjawab dahaga para kader akan regenerasi dan gagasan pembaruan, sejauh ini dua hal tersebut ada pada Pak Zulkifli Hasan," kata Hanafi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan PAN memiliki tradisi di internal bahwa ketua umum hanya menjabat satu periode saja.

Selain itu, menurut dia, gagasan yang harus dibawa Ketum PAN mendatang adalah memberikan otonomi kepada DPD untuk menentukan pimpinannya masing-masing dan menentukan kontestasi dalam Pilkada.

"Ketum bukan tiket gratis untuk 'nyapres' atau 'nyawapres' namun didorong agar bisa via konvensi dan survei," katanya.

Selain itu, menurut dia, DPP PAN harus menjadi institusi yang prioritasnya pada pelayanan dan resolusi konflik, bukan malah dominasi dan intervensi.

PAN akan menggelar Kongres ke IV pada Maret 2015, salah satu agenda yang dibahas adalah pemilihan Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Nama-nama yang dikabarkan akan maju dalam kontestasi tersebut antara lain Zulkifli Hasan, Hatta Rajasa, dan Drajad Wibowo.

Sebelum pelaksanaan Kongres ke-IV, PAN akan melaksanakan Rapat Kerja Nasional 2015 yang dilaksanakan pada Rabu (7/1) pukul 19.00 WIB di Kantor DPP PAN. Rakernas itu mengagendakan penetapan tempat dan tanggal Kongres PAN ke-IV tahun 2015.

Pewarta: Imam Budilaksono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015