Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19  Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengintensifkan pencegahan penyebaran virus COVID-19 dengan memaksimalkan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Juru bicara gugus tugas COVID-19 Kabupaten Bangka, Boy Yandra di Sungailiat Jumat mengatakan pencegahaan dan memutus mata rantai penyebaran virus jenis baru corona oleh BPBD, Dinas Kesehatan dan TNI serta Polri dibantu tenaga relawan dilakukan sampai ketingkat desa.

"Pencegahan dengan cara sosialisasi dan sanksi ringan bagi pelanggar protokol kesehatan dilakukan secara masif sampai ketingkat desa terutama di aera umum yang banyak dikunjungi masyarakat," katanya.

Secara kelembagaan kata dia, satuan tugas COVID-19 sudah dibentuk ditingkat kecamatan sampai kelurahan maupun desa guna mempermudah akses jangkauan pencegahan virus.

Boy Yandra mengatakan ada lima kasus positif COVID-19  pada hari ini sebanyak lima orang masing-masing inisial R (50) perempuan yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif dari Kecamatan Riau Silip. R saat ini menjalani perawatan kesehatan di ruang isolasi RSUD Depati Bahrin.

Inisial R (33) laki-laki asal Kecamatan Sungailiat dengan riwayat suspek dikarantina di asrama haji Kota Pangkalpinang, inisial Fp (26) laki-laki asal Kecamatan Sungailiat riwayat perjalanan dari Bogor dan diisolasi di asrama haji.

Kemudian inisial Azf (10 bulan) laki-laki riwayat kontak erat asal Kecamatan Sungailiat dikarantina di asrama haji serta Dy (28) perempuan asal Kecamatan Sungailiat riwayat kontak erat yang dikarantina di asrama haji Kota Pangkalpinang.

Selain lima orang dinyatakan positif kata dia, terdapat satu orang dinyatakan sembuh inisial Rj asal Kecamatan Mendo Barat.

Dengan penambahan lima kasus positif COVID-19 dan satu pasien sembuh itu, tercatat total kasus positif COVID-19 di Kabupaten Bangka mencapai 195 orang dan 141 orang sudah dinyatakan sembuh atau masih terdapat 54 orang menjalani perawatan kesehatan.

"Saya minta masyarakat bersatu padu melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 dengan cara mematuhi aturan protokol kesehatan," kata Boy Yandra.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020