Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalkan pencegahan pelanggaran yang berpotensi terjadi dalam kegiatan kampanye Pilkada 2020.

"Kami lebih mengoptimalkan pencegahan dan meminimalkan penindakan," kata Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto di Koba, Jumat.

Menurut dia, Bawaslu Bangka Tengah terus mengedukasi dan menyosialisasikan fungsi pengawasan dan mengingatkan warga terkait larangan dan batas-batasan dalam kegiatan kampanye baik terbuka maupun dialogis.

"Kami punya program forum warga dengan menggelar pertemuan bersama masyarakat dari berbagai unsur, dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait apa yang tidak boleh dilakukan dalam kegiatan kampanye," ujarnya.

Ia mengatakan, sampai sekarang belum ditemukan pelanggaran kampanye baik berupa laporan masyarakat maupun temuan pengawas di lapangan.

"Tentu ini sesuai dengan harapan kami, artinya upaya pencegahan menunjukkan hasil dengan tidak adanya pelanggaran sampai saat ini," ujarnya.

Robianto juga mengharapkan tidak ada pelanggaran yang harus dibawa ke ranah hukum hingga terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk sama-sama mendukung dan menjaga pelaksanaan pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif, dan bermartabat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020