Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung mendukung rencana Museum Timah Indonesia (MTI) Muntok yang akan melaksanakan pagelaran seni dan budaya Suku Jerieng.

"Upaya MTI Muntok yang akan memfasilitasi penampilan seni dan budaya Suku Jerieng patut mendapat apresiasi positif dari semua pihak, karena ini merupakan salah satu wujud kepedulian memelihara dan mengembangkan seni dan budaya lokal," ujar Kepala Bidang Informatika pada Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan dan Informatika Kabupaten Bangka Barat, Henry Een Firsanto di Muntok, Jumat.

Menurut dia, upaya MTI Muntok yang akan menggelar pertunjukan seni dan budaya Suku Jering tersebut diharapkan bisa menjadi contoh bagi instansi dan perusahaan lain terkait kepedulian mereka dalam ikut mengapresiasi budaya lokal.

"Pemkab dalam hal ini memiliki keterbatasan, tidak semua bisa diakomodasi dan difasilitasi, kami berharap perusahaan dan instansi lain ikut berperan seperti itu agar para pelaku dan pegiat seni dan budaya daerah bisa eksis," kata dia.

Eksistensi para pelaku dan pegiat seni dan budaya itu, kata dia, nantinya akan membawa dampak positif untuk menunjang pembangunan yang dilaksanakan.

"Kami berharap kerja sama seperti itu akan terus berkembang dan diikuti perusahaan lain, toh nanti yang akan melihat dan merasakan hasilnya juga masyarakat," kata dia.

Hal ini dikatakan Henry terkait rencaa MTI Muntok yang akan menggelar pentas seni dan daya Suku Jerieng yang akan dilaksanakan pada Minggu (18/1) di komplek museum.

Selain menggelar pertunjukan tersebut, pada hari itu bertepatan juga dengan rencana peluncuran internet gratis di komplek museum satu-satunya di Muntok tersebut.

"Perangkat internet gratis tersebut bantuan dari Diskominfo Provinsi Babel, rencananya akan kami luncurkan secara resmi bersamaan dengan perangkat informasi yang akan kami pasang di museum," kata dia.

Ia berharap, pada peluncuran tersebut, selain masyarakat mendapatkan hiburan seni dan budaya daerah, mereka juga bisa memanfaatkan akses internet secara gratis di lokasi tersebut.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2015