Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengkaji rencana pembangunan rumah sakit di Kecamatan Mendo Barat guna meningkatkan pelayana  kesehatan kepada masyarakat di wilayah itu.

Bupati Bangka Mulkan di Sungailiat, Rabu, mengatakan kajian pembangunan rumah sakit di Kecamatan Mendo Barat dianggap penting untuk memastikan rencana itu.

"Perlu sarana rumah sakit di kecamatan tersebut guna mempermudah akses layanan dasar kesehatan masyarakat di 15 desa," jelas Mulkan.

Ia mengatakan pelayanan kesehatan masyarakat desa di Kecamatan Mendo Barat saat ini hanya di tingkat kecamatan maupun di rumah sakit terdekat di kecamatan lain.

Dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka kata bupati, tercatat baru terdapat tiga rumah sakit yakni, RSUD Depati Bahrin yang ada di Kecamatan Sungailiat, RS Eko Maulana Ali di Belinyu dan RS Sjafri Rahman di Puding Besar.

"Pemerataan pelayanan kesehatan masyarakat melalui ketersediaan sarana rumah sakit berdampak positif pada peningkatan kualitas dan kesejahteraan masyarakat," jelas Mulkan.

Ia menyarankan seluruh tenaga medis baik di puskesmas maupun di rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang hendak memperoleh layanan kesehatan.

"Pemerataan bidang kesehatan masyarakat menjadi program prioritas pemerintah Kabupaten Bangka sampai pada tingkat masyarakat di desa terpencil," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020