Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar simulasi penghitungan dan rekapitulasi suara Pilkada 2020 secara serentak.

"Simulasi ini diikuti seluruh KPU kabupaten/kota yang diselenggarakan di Bangka Tengah," kata Divisi Teknis KPU Bangka Tengah, Mahendra Juliansyah di Pangkalanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan, simulasi tersebut untuk memastikan bahwa KPU sebagai penyelenggara benar-benar siap menggelar Pilkada 2020 dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Ini juga sebagai pemberitahuan langsung kepada masyarakat pemilih tidak perlu takut datang ke TPS menyalurkan hak politiknya, karena kami benar-benar menerapkan protokol kesehatan secara ketat," ujarnya.

Ia mengatakan, simulasi lebih menitik beratkan kepada penerapan protokol kesehatan COVID-19 pada hari pungut hitung untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona baru.

"Ada beberapa penerapan protokol kesehatan yang dilakukan dalam kegiatan simulasi di antaranya pemilih wajib menjaga jarak minimal satu meter, bangku tunggu juga berjarak satu meter, menggunakan masker medis, sarung tangan dan cuci tangan," ujarnya.

Pilkada Kabupaten Bangka Tengah diikuti dua pasangan calon yaitu Algafry Rahman-Herry Erfian dan pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo.
Algafry Rahman-Herry Erfian diusung tujuh partai politik yaitu Golkar, NasDem, Gerindra, PPP, PAN, PKS dan PKB. 
Sementara pasangan Didit Srigusjaya-Korari Suwondo diusung dua partai politik yaitu PDIP dan Partai Demokrat.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020